• SMK PGRI 3 RANDUDONGKAL
  • Bissa Cerdik Milenial

TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF

PROFIL TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) merupakan kompetensi keahlian pada rumpun program keahlian teknik otomotif. Beberapa tahun lalu mungkin kita familiar dan mengenal jurusan ini dengan Teknik Otomotif. Jadi Jurusan ini memfokuskan peserta didiknya dalam bidang otomotif khususnya mobil baik niaga maupun penumpang. Siswa akan dibekali keterampilan seperti melakukan perawatan dan perbaikan komponen mobil sampai dengan perbaikan mobil sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Teknik Kendaraan Ringan adalah ilmu yang mempelajari tentang alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama mobil yang mulai berkembang sebagai cabang ilmu seiring dengan diciptakannya mesin mobil. Dalam perkembangannya, mobil semakin menjadi alat transportasi yang kompleks yang terdiri dari ribuan komponen yang tergolong dalam puluhan system dan subsistem. Oleh karena itu, Teknik Kendaraan Ringan pun berkembang menjadi ilmu yang luas dan mencakup semua system dan subsistem.

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif yang dulunya adalah Teknik Otomotif, membekali peserta didik dengan ilmu kendaraan ringan  agar mampu melaksanakan perawatan dan perbaikan komponen – komponen mobil secara mandiri, merawat dan memperbaiki mobil sesuai dengan standar yang ditentukan oleh pabrik, merawat dan memperbaiki mobil pada bengkel atau perusahaan dimana tempat ia bekerja, serta menciptakan lapangan kerja baru bagi dirinya dan orang lain.

Tujuan Kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK PGRI 3 Randudongkal yaitu membekali peserta didik dengan pengetahuan, sikap, perilaku dan ketrampilan agar kompeten dalam :

  1. Bidang kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan yang diberikan, sehingga mampu mengembangkan dan mengaplikasikan dalam pekerjaanya secara mandiri dan dapat mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industry sebagai tenaga kerja tingkat menengah yang handal.
  2. Memiliki karakter, mampu berkompetisi dan mengembangkan sikap professional dalam kompetensi keahlianTeknik Kendaraan Ringan.
  3. Menciptakan Lapangan Kerja sendiri atau bewirausaha dalam bidang kompetensi keahlian teknik Kendaraan Ringan.
  4. Melanjutkan ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi sesuai kompetensi yang dimiliki

Lulusan kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK PGRI 3 Randudongkal dibekali dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam perawatan dan perbaikan motor otomotif, Perawatan dan perbaikan system pemindah tenaga otomotif,  Perawatan dan perbaikan chasis dan suspense otomotif, Perawatan dan perbaikan system kelistrikan otomotif serta dibekali kemampuan dalam berwirausaha sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat, dunia industri.

Pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif akan mempelajari mata pelajaran yang digolongkan dalam 3 muatan yaitu muatan nasional (A), muatan kewilayahan (B) dan muatan peminatan kejuruan (C). Pada muatan nasional dan kewilayahan, sama seperti jurusan- jurusan SMK yang lainnya, mapel yang dipelajari seperti Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, dan sebagainya. Pada muatan peminatan kejuruan (C) dikelompokkan sebagai berikut :

C1. Dasar Bidang Keahlian

  1. Simulasi dan Komunikasi Digital
  2. Fisika
  3. Kimia

C2. Dasar Program Keahlian

  1. Gambar Teknik Otomotif
  2. Teknologi Dasar Otomotif
  3. Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif

C3. Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan

  1. Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan
  2. Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan
  3. Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan
  4. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Kompetensi Lulusan

Kemampuan umum : Lulusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif menampilkan diri sebagai manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap dan mandiri serta mempunyai rasa tanggungjawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Kemampuan produktif : Kompetensi  yang dimiliki lulusan Kompetensi Keahlian  Teknik Kendaraan Ringan Otomotif adalah:

  1. Perawatan dan perbaikan kendaraan bermotor bensin dan bermotor diesel.
  2. Perawatan dan perbaikan chasis dan sistem pemindahan tenaga.
  3. Perawatan dan perbaikan sistem kelistrikan.

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) 2021

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah kegiatan pertama masuk Sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan di

09/07/2021 09:09 - Oleh Administrator - Dilihat 1887 kali
LEMBAR JAWAB UAS GANJIL 2021

09/07/2021 09:07 - Oleh Administrator - Dilihat 879 kali
MULTIMEDIA

Profil Jurusan Multimedia Multimedia merupakan salah satu jurusan yang ada di SMK PGRI 3 Randudongkal. Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi terja

08/06/2021 12:43 - Oleh Administrator - Dilihat 2770 kali
AKUNTANSI KEUANGAN LEMBAGA

Visi Kompetensi  Keahlian Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Menghasilkan lulusan untuk menjadi tenaga kerja akuntansi tingkat menengah yang mumpuni, sanggup mengerjakan pembukuan keu

03/06/2021 11:43 - Oleh Administrator - Dilihat 2810 kali
TEKNIK KOMPUTER JARINGAN

Sekilas Pandang Jurusan TKJ SMK PGRI 3 Randudongkal Profil : Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) mempelajari tentang hardware (perangkat keras) komputer,

31/05/2021 09:42 - Oleh Administrator - Dilihat 2808 kali